Happy studying, may be useful ...

Dear readers ...
for completeness this blog, we hope the comments that build ... ok thank you :)

" Health is not everything, but whithout health everything is nothing "

Sunday, June 17, 2012

PENGKAJIAN SISTEM PERKEMIHAN

PENGKAJIAN KEPERAWATAN KLIEN
DENGAN GANGGUAN SISTEM PERKEMIHAN
                                                        
Pengkajian keperawatan merupakan langkah pertama yang dilakukan oleh perawat untuk mendapatkan data subjektif dan objektif yang dilakukan secara sistematis. Proses pengkajian meliputi tiga fase, yaitu wawancara, pemeriksaan fisik, dan dokumentasi. Adapun ketiga fase tersebut adalah sebagai berikut :
I.     ANAMNESE
Data-data yang dikumpulkan selama fase wawancara terkait pengkajian keperawatan sistem perkemihan adalah sebagai berikut :
A.    Riwayat Kesehatan Masa Lalu
q Terapi atau perawatan rumah sakit yang pernah dialami untuk menanggani infeksi traktus urinarius, berapa lama dirawat
q Adanya gejala panas atau menggigil
q Sistoskopi sebelumnya, riwayat penggunaan kateter urine dan hasil-hasil pemeriksaan diagnostik renal atau urinarius
q Riwayat Hematuria, perubahan warna, atau volume urin, Nokturia dan sejak kapan dimulainya
q Penyakit pada usia kanak-kanak ("strep throat", impetigo, sindrom nefrotik, Batu ginjal (kalkuli renal), ekskresi batu kemih ke dalam urin
q Kelainan yang mempengaruhi fungsi ginjal atau traktus urinarius (diabetes mellitus, hipertensi, trauma abdomen, cedera medula spinalis, kelainan neurologi lain, lupus eritematosus sistemik, scleroderma, infeksi streptococcus pada kulit dan saluran napas atas, tuberculosis, hepatitis virus, gangguan kongenital, kanker, dan hyperplasia prostate jinak).
q Untuk pasien wanita : kaji jumlah dan tipe persalinan (persalinan pervaginan, sectio caesarea); persalinan dengan forseps; infeksi vagina, keputihan atau iritasi; penggunaan kontrasepsi
q Adanya atau riwayat lesi genital atau penyakit menular seksual.
q Pernahkah mengalami pembedahan ; pelvis atau saluran perkemihan
q Pernahkah menjalani terapi radiasi atau kemoterapi
q Kaji riwayat merokok. Merokok dapat mengakibatkan risiko kanker kandung kemih. Angka kejadian tumor kandung kemih empat kali lebih tinggi pada perokok daripada bukan perokok.

B.     Riwayat Kesehatan Sekarang
Riwayat kesehatan sekarang mencakup informasi yang berhubungan dengan fungsi renal dan urinarius.
q Keluhan utama pasien atau alasan utama mengapa ia datang ke rumah sakit.
q Adanya rasa nyeri: kaji lokasi, karakter, durasi, dan hubungannya dengan urinasi; faktor-faktor yang memicu rasa nyeri dan yang meringankannya.
q Adanya gejala panas atau menggigil, sering lelah, perubahan berat badan, perubahan nafsu makan, sering haus, retensi cairan, sakit kepala, pruritus, dan penglihatan kabur.

C.     Riwayat Kesehatan Keluarga
q Kaji adanya riwayat penyakit ginjal atau kandung kemih dalam keluarga (polisistik renal, abnormalitas kongenital saluran kemih, sindrom Alport's / nephritis herediter)
q Kaji adanya masalah eliminasi yang dikaitkan dengan kebiasaan keluarga

D.      Pola Eliminasi
q Kaji frekuensi, urgensi, dan jumlah urine output
q Kaji perubahan warna urin
q Kaji adanya darah dalam urin
q Disuria; kapan keluhan ini terjadi : pada saat urinasi, pada awal urinasi, atau akhir urinasi, Hesitancy; mengejan : nyeri selama atau sesudah urinasi, Inkontinensia (stress inkontinensia, urge incontinence, over flow incontinence, inkontinensia fungsional). Adanya inkontinensia fekal menunjukkan tanda neurologik yang disebabkan oleh gangguan kandungkemih.
q Konstipasi dapat menyumbat sebagian urethra, menyebabkan tidak adekuatnya pengosongan kandung kemih
E.     Pola Nutrisi – Metabolic
q Kaji jumlah dan jenis cairan yang biasa diminum pasien : kopi, alkohol, minuman berkarbonat. Minuman tersebut sering memperburuk keadaan inflamasi system perkemihan
q Kaji adanya dehidrasi ; dapat berkontribusi terjadinya infeksi saluran kemih, pembentukkan batu ginjal, dan gagal ginjal
q Kaji jenis makanan yang sering dikonsumsi pasien. Makanan yang mengandung tinggi protein dapat menyebabkan pembentukkan batu saluran kemih. Makanan pedas memperburuk keadaan inflamasi system perkemihan
q Kaji adanya anoreksia, mual, dan muntah. Keadaan tersebut dapat mempengaruhi status cairan
q Kaji kebiasaan mengkonsumsi suplemen vitamin, mineral, dan terapi herbal.

F.        Riwayat Kesehatan Sosial
q Kaji riwayat pekerjaan, apakah terpapar oleh bahan-bahan kimia seperti phenol dan ethylene glycol. Bau ammonia dan kimia organic dapat meningkatkan risiko kanker kandung kemih. Pekerja tekstil, pelukis, peñata rambut, dan pekerja industri mengalami risiko tinggi terkena tumor kandung kemih. Seseorang yang lebih sering duduk cenderung mengalami statis urin sehingga dapat menimbulkan infeksi dan batu ginjal.
q Seseorang yang mengalami demineralisasi tulang dengan keterbatasan aktivitas fisik menyebabkan peningkatan kalsium dalam urin.
q Laki-laki cenderung mengalami inflamasi prostat kronik atau epididimis setelah mengangkat barang berat atau mengendarai mobil dengan jarak jauh
q Perlu juga informasi tempat tinggal pasien. Dataran tinggi lebih berisiko terjadi batu saluran kemih karena kandungan mineral meningkat dalam tanah dan air di daerah dataran tinggi.
G.    Pola Persepsi – Kognitif
q Apakah gangguan eliminasi urin mempengaruhi perasaan dan kehidupan normal pasien.
q Bagaimana perasaan pasien saat menggunakan kateter, kantung urin.
H.    Pengobatan
q Diuretik dapat mengubah kuantitas dan karakter output urin
q Phenazopyridine (pyridium) dan nitrofurantoin (macrodantin) dapat mengubah warna urin.
q Anticoagulant dapat menyebabkan hematuria
q Antidepresant, antihistamin, dan obat-obatan untuk mengatasi gangguan neurology dan musculoskeletal, dapat mempengaruhi kemampuan kandung kemih atau sphinter untuk berkontraksi atau relaksasi secara normal

II.  PEMERIKSAAN FISIK
A.  Umum : Status kesehatan secara umum : lemah, letarghi
B.  Tanda-tanda vital : tekanan darah, nadi, pernapasan, dan suhu tubuh
C.  Pemeriksaan fisik sistem perkemihan. Teknik pemeriksaan fisik Kemungkinan kelainan yang ditemukan
Inspeksi
q  Kulit dan membran mukosa. Catat warna, turgor, tekstur, dan pengeluaran keringat
q  Mulut
q  Wajah
q   Abdomen
Pasien posisi terlentang, catat ukuran, kesimetrisan, adanya massa atau pembengkakan, kembung, Kulit dan membran mukosa yang pucat, indikasi gangguan ginjal yang menyebabkan anemia. Tampak ekskoriasi, memar, tekstur kulit kasar atau kering. Penurunan turgor kulit merupakan indikasi dehidrasi.
Edema, indikasi retensi dan penumpukkan cairan. Stomatitis, napas bau amonia
Moon face. Pembesaran atau tidak simetris, indikasi hernia atau adanya massa. Nyeri permukaan indikasi disfungsirenal. Distensi atau perut yang nyeri menetap, distensi, kulit mengkilap atau tegang.
q  Meatus urinary
Laki-laki posisi duduk atau berdiri, tekan ujung gland penis dengan memakai sarung tangan untuk membuka meatus urinary. Pada wanita : posisi dorsal litotomi, buka labia dengan memakai sarung tangan. Perhatikan meatus urinary
Palpasi
a. Ginjal
q  Ginjal kiri jarang dapat teraba, meskipun demikian usahakan untuk mempalpasi ginjal untuk mengetahui ukuran dan sensasi.Jangan lakukan palpasi bila ragu karena dapat menimbulkan kerusakan jaringan.
q  Posisi pasien supinasi, palpasi dilakukan dari sebelah kanan.
q  Letakkan tangan kiri dibawah abdomen diantara tulang iga dan lengkung iliaka. Tangan kanan dibagian atas. mengkilap dan tegang, indikasi retensi cairan atau ascites. Distensi kandung kemih, pembesaran ginjal. Kemerahan, ulserasi, bengkak, atau adanya cairan, indikasi infeksi. Pada laki-laki biasanya terdapat deviasi meatus urinary seperti defek kongenital. Jika terjadi pembesaran ginjal, maka dapat mengarah ke neoplasma atau patologis renal yang serius. Pembesaran kedua ginjal, indikasi polisistik ginjal. Tenderness/lembut pada palpasi ginjal maka indikasi infeksi, gagal ginjal kronik. Ketidaksimetrisan ginjal indikasi hidronefrosis.
q  Anjurkan pasien nafas dalam dan tangan kanan menekan sementara tangan kiri mendorong ke atas.
q  Lakukan hal yang sama untuk ginjal kanan

b. Kandung kemih
Secara normal, kandung kemih tidak dapat dipalpasi, kecuali terjadi distensi urin maka palpasi dilakukan di daerah simphysis pubis dan umbilicus.

Perkusi
a. Ginjal
q  Atur posisi klien duduk membelakangi pemeriksa.
q  Letakkan telapak tangan tidak dominan diatas sudut kostovertebral (CVA), lakukan perkusi atau tumbukan di atas telapak tangan dengan menggunakan kepalan tangan dominan.
q  Ulangi prosedur untuk ginjal kanan. Jika kandung kemih penuh maka akan teraba lembut, bulat, tegas, dan sensitif. Tenderness dan nyeri pada perkusi CVA merupakan indikasi glomerulonefritis atau glomerulonefrosis.
b. Kandung kemih
q Secara normal, kandung kemih tidak dapat diperkusi, kecuali volume urin di atas 150 ml. Jika terjadi distensi, maka kandung kemih dapat diperkusi sampai setinggi umbilicus.
q Sebelum melakukan perkusi kandung kemih, lakukan palpasi untuk mengetahui fundus kandung kemih. Setelah itu lakukan perkusi di atas region suprapubic.
Jika kandung kemih penuh atau sedikitnya volume urin 500 ml, maka akan terdengar bunyi dullness (redup) di atas simphysis pubis.
Auskultasi
Gunakan diafragma stetoskop untuk mengauskultasi bagian atas sudut kostovertebral dan kuadran atas abdomen. Jika terdengar bunyi bruit (bising) pada aorta abdomen dan arteri renalis, maka indikasi adanya gangguan aliran darah ke ginjal (stenosis arteri ginjal)

III.   PEMERIKSAAN DIAGNOSTIK
a.      PEMERIKSAAN FUNGSI GINJAL (Kreatinin, BUN / Nitrogen Urea Darah)
b.      Ultrasound / USG
c.      MRI (mengetahui lesi invasif pada ginjal)
d.     IVP (melihat berbagai lapisan ginjal)
e.      Sistoram (melihat dinding kandung kemih)
f.       Angiografi Renal (visualisasi arteri renalis)
g.      Biopsi
h.      Endoskopi (melihat pelvis ginjal)
IV.   DIAGNOSA KEPERAWATAN
a.       Perubahan kelebihan volume cairan b/d gagal ginjal dengan kelebihan air.
b.      Resiko tinggi terhadap menurunnya curah jantung b/d kelebihan cairan
c.       Perubahan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh b/d katabolisme protein
d.      Kelelahan b/d penurunan produksi energi metabolik/pembatasan dit, anemia
e.       Resiko tinggi terhadap infeksi b/d depresi pertahanan imunologi.
f.       Resiko tinggi terhadap kekurangan volume cairan b/d kehilangan cairan berlebihan
g.      Kurang pengetahuan tentang kondisi,prognosis dan kebutuhan pengobatan b/d kurang mengingat.

No comments:

Post a Comment